Ini adalah Jerman

Inilah Jerman….

I. SEJARAH JERMAN

Republik Federal Jerman bersatu kembali tanggal 3 Oktober 1990 setelah terpecah sejak tahun 1961. Jerman terletak di Jantung Eropa dan dikelilingi 9 negara tetangga. Di sebelah Utara, Jerman berbatasan dengan negara Denmark, Laut Baltik, Laut Utara. Sebelah Selatan berbatasan dengan negara Swiss, dan Austria, sedangkan disebelah Barat berbatasan dengan negara Belanda, Luxemburg dan Perancis. Di sebelah Timur Jerman berbatasan dengan negara Ceko, Slowakia, Polandia.

Bahasa Jerman tergolong bahasa Indo-Germanika dari rumpun Germanika. Terbentuknya bahasa baku di Jerman diawali oleh Martin Luther yang menerjemahkan Al – Kitab. Seperti halnya Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman memiliki banyak sekali dialek. Seseorang dapat mengenal daerah asal pembicara dari logat bahasa dan pengucapan kata. Meskipun dialek dari satu daerah dengan daerah lain sangat beragam tetapi perbedaan itu disatukan dengan satu Bahasa Jerman,”das Hochdeutsche” yang digunakan di seluruh negara Jerman.

Di luar Jerman, bahasa Jerman juga dipakai sebagai bahasa ibu di Austria, Liechtenstein, di sebagian besar Swiss, di Tirol Selatan (Italia Utara) dan di beberapa daerah kecil sepanjang perbatasan dengan Jerman di Belgia, Perancis (Elsass) dan Luxemburg. Republik Federal Jerman terdiri dari 16 Negara bagian :

1. Baden – Württemberg ( Stuttgart) 9. Schleswig – Holstein (Kiel)

2. Berlin (Berlin) 10. Bayern (München)

3. Brandenburg (Postdam) 11. Rheinland – Pfalz (Mainz)

4. Bremen (Bremen) 12. Thüringen (Erfurt)

5. Hamburg (Hamburg) 13. Mecklenburg Vorpommern (Schwerin)

6. Hessen (Wiesbaden) 14. Sachsen – Anhalt (Magdeburg)

7. Niedersachsen (Hannover) 15. Sachsen (Dresden)

8. Nordrhein – Westfalen (Düsseldorf) 16. Saarland (Saarbrücken)

Garis Besar Sejarah – 1945

Terbentuknya bangsa Jerman merupakan proses yang memakan waktu ratusan tahun. Wilayah ini mencapai puncak kejayaan di bawah Karl yang agung dan terpecah belah setelah kematiannya pada tahun 814. Penguasa Jerman dahulu menggunakan sistem wangsa. Kata sifat deutsch baru mulai dipergunakan pada abad kedelapan, pada mulanya hanya sebagai penunjuk bahasa yang dipakai di bagian timur wilayah kekuasaan Franken. Wilayah tersebut didiami oleh berbagai suku bangsa yang sebagian berbahasa Germanika, dan sebagian memakai dialek Romanika. Kemudian mulai meluas maknanya mencakup manusianya, pengguna bahasa tersebut. Akhirnya istilah ini dipergunakan pula untuk menerangkan wilayah yang didiami penutur bahasa Jerman dan terciptalah kata Deutschland.

Sebagai titik saat berubahnya wilayah kekuasaan Franken disebelah timur menjadi Reich (kerajaan) Jerman, umumnya disebut tahun 911, ketika wangsa Karolinger berakhir dan seorang Hertog Franken, Konrad I, dipilih menjadi raja. Konrad I dianggap sebagai raja Jerman pertama (gelar resmi yang disandangnya raja Franken, pada masa berikutnya juga dipakai gelar raja Romawi) tata negara berbentuk monarki electoral; para bangsawan terkemuka yang memilih raja, dan berlaku “hak keturunan”. Raja yang berhasil menjadi penguasa nyata di seluruh Reich yaitu raja Otto I yang dinobatkan sebagai kaisar di Roma pada tahun 962.

Penguasa terus berganti-ganti dari satu wangsa ke wangsa yang lain. Negara juga semakin maju dan terus berkembang dengan berubahnya negara jerman menjadi negara Nasional (perubahannya lebih lambat dibandingkan negara-negara Eropa Barat lainnya, dan kewenangan tetap ditangan raja). Perkembangan mereka juga membuat mereka semakin kritis terutama kepada penyalahgunaan ajaran gereja. Ketidakpuasan akan Gereja yang terpendam menimbulkan reformasi yang menjalar dengan cepat di Jerman. Pemicu utamanya adalah kegiatan Marthin Luther sejak tahun 1517. Setelah reformasi itu mereka mempunyai hak yang sama dalam menentukan agama. Walaupun demikian perseteruan antar agama itu tetap tidak berakhir hingga abad ke-17.

Pada abad ke-18 timbul era Absolutisme, dimana kekuasaan raja tak terbatas. Pada akhir abad ini juga terjadi desakan yang menghancurkan Reich yang datangnya dari barat. Revolusi Prancis pecah pada tahun 1789. Pada revolusi ini jatuhlah Reich. Perancis mencaplok daerah di sebelah kiri sungai rhein. Pada tahun 1806 Kekaisaran Suci Romawi Berkebangsaan Jerman berakhir namun demikian revolusi ini tidak menyebar ke Jerman.

Pada februari 1984 terjadi revolusi kembali. Tidak seperti revolusi tahun 1789, revolusi ini mendapat tanggapan langsung di Jerman, pada bulan maret di setiap daerah terjadi pergolakan yang berhasil memaksa para raja untuk memberi berbagai konsesi, setelah revolusi ini Jerman mengalami perkembangan dan perubahan.

Pada tanggal 28 Juni 1914 terjadi pembunuhan Putra Mahkota Austria di Sarayevo yang menjadi pemicu perang dunia I. Jerman dan Austria disatu pihak sedangkan Perancis, Rusia dan Inggris di Pihak lain. Dan Jerman mengalami kekalahan kemudian akhirnya Jerman menjadi Republik.

Kekalahan Jerman membuat negara ini terus terpuruk dan kacau hingga pada puncaknya 1923. Pada tahun 1930, partai nasionalis pimpinan Adolf Hitler – sampai saat itu tidak berarti kekuatannya – secara mendadak bertambah banyak pengikutnya hingga pada tahun 1932 menjadi partai terkuat. Pada tanggal 30 Januari 1933 Hitler menjadi Kanselir Reich. Selain dari partainya di kabinet Hitler duduk juga politisi dari partai kanan dan juga orang-orang yang tidak termasuk dari salah satu partai, sehingga diharapkan kekuasaan tunggal Nazi bisa dihindari.

Namun tak lama kemudian Hitler melepaskan diri dari sekutunya. Melalui Undang-undang Hitler kemudian diberikan kekuasaan yang hampir tak tebatas. Ia kemudian melarang semua partai kecuali partainya sendiri, menghancurkan serikat kerja, hak asasi manusia dinaifkan, dan kebebasan pers dihapuskan. Ia menghadapi lawan-lawannya dengan ganas. Pada tahun 1934 ketika presiden pada saat itu Hindenburg meninggal, Hitler mengambil alih hingga ia merangkap menjadi presiden dan Kanselir hingga ia memegang kekuasaan tertinggi angkatan bersenjata yang saat itu masih mandiri. Kekuasaan sebelumnya yang tidak berhasil mengentaskan krisis ekonomi dan kekacauan yang ada membuat masyarakat tidak percaya terhadap pemerintah. Sebaliknya Hitler berhasil memperbaiki keadaan ekonomi, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, selain itu ia juga sukses dibidang politik luar negeri, pada tahun 1935 daerah Saar bergabung kembali dengan Jerman, 1936 tentara Jerman memasuki Rheinland, daerah Jerman yang dijadikan zone demiliterisasi sejak 1919, pada tahun 1938 Austria dinyatakan kembali bergabung kembali dengan Reich.

Hal itu membuat Hitler mudah menjalankan tujuan politiknya. Begitu mengambil alih kekuasaan, secepat itu juga rezim Hitler memulai melaksanakan program anti yahudinya. Hitler tetap tak terpuaskan sebelum ia berhasil menguasai Eropa. Ia kemudian menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 yang memacu Perang Dunia II. Pada tahun 1942 rezim nazi memulai “ Penyelesaian Akhir Masalah Yahudi”, semua orang yahudi yang dapat mereka tangkap dikumpulkan di kamp-kamp konsentrasi, kemudian dibantai. 20 Juli 1944 percobaan kudeta pada Hitler gagal. Ia berhasil meloloskan diri dan membalas dendam dengan lebih kejam pada bulan-bulan berikutnya. 30 April 1945 Hitler bunuh diri, penggantinya Laksaman Dönitz menyerahkan diri delapan hari kemudian.

1945 – sekarang

Jerman menyerah tanpa syarat pada 8-9 Mei 1945. Anggota pemerintahan bersama tokoh-tokoh diktatur Nazi lainnya diadili di Mahkamah luar Biasa Internasional. Pada tanggal 5 Juni, Amerika serikat, Inggris, Uni Soviet dan Perancis sebagai pemenang perang mengambil alih kekuasaan tertinggi atas wilayah Kerajaan Jerman. Mereka membagi Jerman dalam tiga zone dan ibukotanya Berlin dalam tiga sektor. Pada Februari 1945 dibentuk satu Zone tambahan untuk pendudukan Perancis. Ketiga zone di barat bersatu dalam Trizone ekonomi.

Stalin memberlakukan mata uang Deutsche Mark di Barat (reform mata uang, 20 Juni 1948) sebagai alasan untuk memblokade Berlin barat dengan maksud menjadikannya bagian dari Zone Pendudukan Soviet.

Malam hari tanggal 23 Juni 1948 semua jalan darat antara zone-zone Barat dan Berlin Barat ditutup. Pengadaan energi dan pangan dari sektor timur Berlin dan zone Soviet dihentikan sama sekali. Sampai tanggal 12 Mei 1949, kebutuhan penduduk Berlin Barat diangkut oleh sekutu melalui apa yang disebut “jembatan udara”. Pada tanggal 3 Agustus 1948 Stalin menuntut supaya Berlin diakui sebagai ibu kota Deutsche Demokratische Republik (DDR) yang kemudian pada tanggal 7 Oktober 1949 memperoleh pemerintahannya sendiri.

Pada 13 Agustus 1961, Uni soviet membangun tembok Berlin dan membuat brikade, jalur ajal dan berbagai tindakan refresif untuk mencegah rakyat melarikan diri. (sebelum didirikan hampir tiga juta orang meninggalkan DDR / Jerman Timur ). September 1989 Hongaria membuka perbatasannya untuk warga Jerman Timur . Maka ribuan orang dapat pergi ke Jerman timur melalui Austria. Gelombang protes dan pengungsian besar-besaran terus terjadi.

Tembok Berlin diruntuhkan tanggal 9 November 1989. Pada 18 maret 1990 untuk pertama kalinya selama 40 tahun di Jerman Timur diadakan pemilihan umum yang benar-benar bebas. Juli 1990 Michael Gorbachov menyetujui penyatuan kedua negara Jerman.

Chronologie – von Mittelalter bis 19. Jh. (dari abad pertengahan s.d. abad ke 19)

1. Heilige Römische Deutsche Nation unter karl der Große : kein Zentralstaat (zersplitterte Staaten)

2. Regiert von den verschiedenen Fürsten bis 1847

3. Napoleons Invasion in Deutschland bis 1820

4. Ausbruch der deutschen Revolution in Frankfurt am Main 1848 – Ende der Herrschaft des Fürstentums.

5. Ausbruch des ersten Weltkriegs 1914 – 1919 & der Beginn der Industrialisierung

6. Weimar Republik 1920

7. NSDAP 1933 – 1945 (Adolf Hitler – Diktatur) & Ausbruch des zweiten Weltkriegs.

8. 1949 – heute (Bundesrepublik & DDR)

9. 1989 Wiedervereinigung für ganzes Deutschland (Berliner Mauer wurde abgerissen)

II. NEGARA DAN KONSTITUSI

Kepala negara Republik Federal Jerman adalah Presiden Federal yang dipilih oleh Majelis Federal (Bundesversammlung), yang bersidang hanya untuk ini. Presiden Federal dipilih untuk periode 5 tahun dan berkesempatan untuk dipilih dua kali. Presiden federal mewakili negara Jerman secara hukum antar negara lain serta mengakreditasi dan menerima para duta besar. Ia juga mengangkat dan memberhentikan para hakim Federal serta para perwira, memberikan grasi kepada terpidana, mengawasi penyusunan undang-undang dan mengusulkan calon untuk dipilih sebagi Kanselir Federal, kemudian atas usulan Kanselir ia melantik serta memberhentikan para menteri pemerintahan Federal.

Majelis Federal terdiri dari para anggota Bundestag yag dipilih oleh setiap parlemen di negara-negara bagian. Bundestag Jerman adalah Dewan Perwakilan Rakyat Republik Federal Jerman. Parlemen ini dipilih setiap empat tahun. Bundestag bertugas menetapkan undang-undang, memilih Kanselir dan mengawasi pemerintah.

Pemerintah Federal Jerman disebut juga kabinet, terdiri atas kanselir dan para menteri. Kanselir Federal mempunyai posisi istimewa dan mandiri di dalam pemerintah dan dihadapan para menteri. Ia mengepalai kabinet dan ia saja yang berhak membentuk kabinet, ia memilih menteri dan mengajukan usulan mengikat kepada Presiden Federal untuk mengangkat maupun memberhentikan mereka. Ia juga menentukan jumlah dan tugas mereka.

Pemerintahan Jerman dijuluki “ demokrasi Kanselir “. Kanselir Federal adalah satu-satunya orang dalam kabinet yang dipilih oleh parlemen, hanya ialah yang bertanggungjawab terhadap Dewan Perwakilan Rakyat.

Chefs / Bundeskanzlern

  1. Konrad Adenauer (CDU)
  2. Kissinger (SPD)
  3. Willy Brandt (SPD)
  4. Helmut Schmidt (CDU)
  5. Helmut Kohl (CDU)
  6. Gerhard Schröder (SPD)
  7. Angela Merkel (CDU)

Ibu kota Federal Jerman, pada tanggal 10 Mei 1949 Bonn dipilih menjadi ibu kota sementara Republik Federal Jerman dan ditegaskan pada 3 November 1949. Setelah reunifikasi Jerman, pada tanggal 20 Juni 1991 ibukota kembali ke Berlin

Partai dan Pemilihan Umum, Partai-partai di Bundestag sejak pemilu pertama untuk seluruh Jerman pada tahun 1990 ada enam partai yaitu Uni Demokrat Kristen Jerman (CDU), Parta Sosialis Demokrat Jerman (SPD), Partai Demokrat Liberal (FDIP), uni Sosial Kristen (CSU), Partai Sosialisme Demokratis (PDS) dan ikatan antara Kelompok 90 dan Partai Hijau (Bündnis 90/di Grünen)

Die großen politischen Parteien bilden sich eine gemeinsame Koalition

1. SPD (Sozial Partei Demokrat – im 19. Jh. gegründet)

2. CDU (Christliche Demokratische Union)

3. CSU (Christliche Sozial Union) ; die Schwester von CDU, die gibt es nur in Bayern.

4. PDS (die linke komministische Partei)

5. FDP (die liberale Partei)

6. Grüne (Umweltpartei)

Pemilihan Umum di Deutschland bersifat umum, langsung, bebas, sama dan rahasia. Setiap warga negara Jerman yang telah berusia 18 tahun mempunyai hak pilih dengan syarat telah tinggal di Deutschland minimal 3 bulan dan tidak kehilangan hak pilihnya, apabila dipenuhi persyaratnya orang-orang Jerman yang tinggal di luar negeri dapat mengikuti pemilihan umum.

Deutschland und EU – Länder

1. Deutschland, Großbritanien und Frankreich sind derzeit die Hauptführung in der EU

2. Deutschland gehört zu G 8 (Gipfel 8) ; die große Industrienationen der Welt sind USA, Großbritanien, Frankreich, Deutschland, Italien, Japan, Kanada, Russland

III. PENDUDUK, PENDIDIKAN DAN PEREKONOMIAN

Republik Federal Jerman memiliki penduduk kurang lebih 82 juta penduduk Jerman, dan 7,3 juta adalah pendatang asing yang datang dari manca negara dan menetap di Jerman. Jerman adalah negara yang bersahabat dengan pendatang asing, dan beberapa bangsa pendatang di Jerman adalah Italia, Spanyol, Portugal dan Turki. Jerman termasuk negara dengan jumlah penduduk tertinggi di Eropa.

Ibukota negara Jerman adalah Berlin, tapi Jerman mempunyai 16 Länder (negara bagian) yang mempunyai hak otonom masing-masing. Selain itu Jerman juga memiliki 3 buah Stadtstaaten, yaitu sebuah negara kota, Berlin, Bremen, dan Hamburg. Jika disamakan dengan Indonesia, maka ketiga negara kota tersebut kurang lebih sama dengan DI Yogyakarta, DI Aceh dan DKI Jakarta.

Di Berlin terdapat ‘Tembok Berlin’ (Berliner Mauer) yang sangat terkenal, karena memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Dulu tembok ini membelah Jerman menjadi dua bagian yaitu BRD dan DDR, namun pada tanggal 9 November 1989 tembok ini diruntuhkan sehingga menyatukan kembali negara Jerman menjadi satu kesatuan. Piala Dunia 2006 dan Olimpiade Musim Panas 2012 akan diselenggarakan pada salah satu stadion termegah yang ada di Jerman, yaitu Stadion Daimler di kota Stuttgart. Di kota ini juga terdapat pabrik mobil terkenal, yaitu Mercedez Benz. Bandara Internasional Jerman terdapat di kota Frankfurt, sedangkan Pelabuhan Laut yang terbesar di Eropa terdapat di kota Hamburg. Oleh karena itu kota ini dijuluki sebagai ‘Hafenstadt’ yaitu sebuah kota pelabuhan. Salah satu kota terkenal lainnya adalah München, sebab disana untuk pertama kalinya Oktober Fest diselenggarakan dan terdapat Goethe Institut. Selain itu kota ini juga terkenal dengan tim kesebelasan sepak bola.

Jerman memiliki empat musim, yaitu Musim Dingin pada bulan Desember-Februari dengan temperatur berkisar antara 1,5º-(-6º). Musim Semi terjadi sekitar bulan Maret-Mei, dimana pemandangan sangat menakjubkan, karena pada saat itu bunga-bunga mulai tumbuh bermekaran. Musim Panas berlangsung sekitar bulan Juni-Agustus, dengan temperatur sekitar 18º-30º. Dan yang terakhir adalah Musim Gugur, sekitar bulan September sampai November. Meskipun terdiri dari empat musim, hujan turun pada setiap tahunnya.

Jerman dan Ekonomi

Republik Federal Jerman termasuk di antara negara industri terkemuka. Penghasilan seluruhnya di bidang ekonomi menempatkannya pada peringkat ketiga di dunia; dalam perdagangan dunia bahkan didudukinya posisi kedua. Sejak 1975 Jerman menjadi anggota kelompok kerja tujuh negara industri Barat (G7), yang setiap tahun bertemu untuk menyelaraskan kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan dalam perundingan tingkat kepala negara dan kepala pemerintahan.

Kebangkitan dari reruntuhan Perang Dunia II menjadi negara industri terkemuka bukan terjadi dengan mengandalkan kekayaan alam atau berlimpahnya modal, tetapi melalui kesediaan rakyat Jerman untuk bekerja keras, pendidikan dan kemauan yang tinggi. Kemampuan dan kreativitas angkatan kerja serta kesempatan luas yang disediakan oleh sistem “Ekonomi pasar berorientasi sosial” untuk mereka yang ingin berprestasi adalah faktor-faktor penentu perkembangan ekonomi suatu negara.

Sejak perang dunia kedua perekonomian Republik Federal Jerman berkembang menjadi tata perekonomian ini merupakan penolakan terhadap prinsip “semua melawan semua” yang dianut oleh paham liberalisme Manchaster pada abad ke-19; tetapi di lain pihak juga menolak campur tangan negara dalam keputusan perusahaan di bidang usaha dan investasi. Grundgesetz menjamin kebebasan usaha pribadi dan hak milik pribadi dengan menghubungkan hak-hak dasar dengan ikatan sosial yang membatasinya. Dengan semboyan bahwa peranan negara seharusnya “sekecil mungkin dan sebesar yang diperlukan saja”, maka dalam ekonomi pasaran ini negara terutama bertugas sebagai penata.

Syarat berfungsinya mekanisme pasar adalah kompetisi. Berkat persaingan itulah upaya individu untuk mendapatkan keuntungan bermuara pada kegiatan yang menghasilkan pengadaan barang optimal bagi semua peminat. Kompetisi membangkitkan dorongan untuk berprestasi dan memaksa perusahaan memperkuat posisinya melalui harga bersaing, perbaikan mutu produk, keringanan dalam syarat pembayaran dan pemasokan, atau pemberian jasa tambahan. Persaingan juga mendorong munculnya inovasi dalam proses serta hasil produksi dan menuntun pada rasionalisasi serta penghematan bahan baku.

Perkembangan pasaran tenaga kerja pada dasarnya ditentukan oleh pengaruh timbal balik antara kekuatan pasar. Kekuatan tersebut berupa organisasi tenaga kerja dan himpunan majikan yang di Jerman disebut mitra ketenagakerjaan (Sozialpartner). Organisasi serikat pekerja terbesar adalah Deutscher Gewerkschaftsbund (DGB, gabungan serikat pekerja Jerman). Keanggotaan dalam serikat pekerja DGB didasari pada prinsip “satu serikat, satu cabang industri”. Artinya mereka menerima buruh dan pegawai dari salah satu cabang industri atau bidang usaha tertentu sebagai anggota, lepas dari jenis pekerjaan yang dilakukan oleh yang bersangkutan.

Ada dua jenis pokok perjanjian tarif yang dinegosiasikan antara serikat pekerja dan asosiasi majikan ataupun salah satu perusahaan. Perjanjian upah dan gaji mengatur pembayaran imbalan kerja dan biasanya berlaku untuk jangka pendek. Perjanjian tarif dasar mengatur hal-hal umum seperti waktu kerja, lama cuti, tenggang waktu untuk diberhentikan, uang lembur, dll. Disamping itu, terdapat berbagai perjanjian tarif lain untuk pembayaran khusus, misalnya pendidikan profesi, jaminan hari tua tambahan, perlindungan terhadap pengurangan tempat kerja.

Di Jerman perselisihan ketenagakerjaan hanya boleh mempersoalkan pembuatan perjanjian tarif imbalan kerja. Karena itu, hanya kedua pihak yang bersangkutan yang dapat saling melakukan aksi. Selama masa berlakunya perjanjian tarif, isi perjanjian tarif tidak boleh dipermasalahkan. Pekerja dan majikan tidak hanya bertemu sebagai pihak lawan, melainkan berkerja sama dengan berbagai cara. Disamping bekerjasama rutin di dalam perusahaan, dalam berbagai kesempatan mereka juga bertemu sebagai wakil organisasi masing-masing.

Sektor perdagangan Jerman sejak beberapa dasawarsa memberi andil sebesar sembilan persen dalam produk domestic bruto. Usaha dagang besar menyalurkan barang dari pabrik atau dari pasar internasional kepada para pedagang eceran, industri pengolah atau konsumen besar. Usaha dagang eceran mengalami perubahan struktural yang mendasar dalam beberapa dasawarsa. Jumlah usaha dagang mandiri yang menempati bangunan luas di daerah pinggir kota meningkat pesat.

Hubungan luar negeri memegang peranan penting dalam kehidupan perekonomian Jerman. Perdagangan luar negeri Republik Federal Jerman sudah bertahun-tahun mengalami ekspansi. Barang impor yang penting adalah kendaraan, produk elektronika, dan mesin. Produk-produk yang kini telah dipasarkan oleh negara-negara berkembang. Jerman sangat peka terhadap gangguan dalam perdagangan internasional dan perubahan perekonomian dunia, karena faktor tersebut berdampak besar pada lapangan kerja, investasi, laba dan tarif hidup.

Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan

Sebagai faktor perangsang bagi orang asing untuk melanjutkan studi dan bekerja ke Jerman, hampir seluruh perguruan tinggi di Jerman membebaskan mahasiswa dari segala pembayaran iuran studi (tuition fees) dan penelitian, dan belum lama ini pemerintah Jerman memberikan “Green Card” bagi tenaga ahli bidang teknologi informasi. Dengan “Green Card” tersebut tenaga kerja asing dijamin ijin tinggal dan ijin bekerjanya selama lima tahun.

Tidak ada bidang lain yang kuat mencerminkan struktur Federal Jerman seperti kehidupan budaya. Berlin sebagai ibu kota dan nantinya pusat pemerintahan Jerman bersatu akan memegang peranan penting di bidang budaya. Namun kota-kota Jerman yang lain akan mempertahankan kedudukannya sebagai pusat budaya.

Keragaman budaya tercermin misalnya dalam penyebaran regional berbagai institusi dan kegiatan kultural di Jerman. Deutsche Bibliothek, perpustakaan nasional Jerman yang merupakan lembaga publik milik federasi, mempunyai tempat kedudukan di Frankfurt am Main, Leipzig, dan Berlin. Arsip federal yang berpusat di Koblenz mempunyai cabang-cabang antara lain di Berlin, Postdam, Freiburg im Breisgau dan Bayreuth. Hamburg merupakan pusat-pusat media terbesar, sedangkan Köln dan Düsseldorf adalah pusat seni rupa modern. Berlin mempunyai jumlah gedung teater terbesar. Akademi Ilmu Pengetahuan terdapat di Berlin, Darmstadt, Düsseldorf, Göttingen, Halle, Heidelberg, Leipzig, Mainz dan München, Nürnberg, Köln dan Stuttgart. Kedua arsip sastra terpenting dapat ditemukan di Marbach dan Weimar.

Pendek kata Jerman merupakan negara yang mempunyai banyak pusat kebudayaan. Tidak ada daerah “udik” yang terisolir disegi kebudayaan. Kebanyakan lembaga kebudayaan Jerman dipelihara oleh komune. Legalisasi di bidang kebudayaan merupakan kewenangan negara bagian. Setiap negara bagian mengatur urusan pendidikan kurang lebih secara mandiri. Namun desentralisasi kebudayaan juga ada sisi buruknya. Kurikulum dan ijazah sekolah sering kali berbeda antara negara bagian yang satu dengan yang lain.

Undang-undang dasar menjamin hak setiap orang untuk secara bebas mengembangkan kepribadiannya dan memilih sekolah, pendidikan kejuruan dan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Berdasarkan tata negara federal Jerman, kewenangan pendidikan dibagi antara federasi dan negara bagian. Negara bagian terutama bertanggung jawab untuk sekolah umum dan sekolah kejuruan serta taman kanak-kanak.

Wajib belajar berlangsung 6 tahun sampai 18 tahun, jadi selama 12 tahun. Untuk memenuhi wajib belajar harus dikunjungi sebuah sekolah penuh-waktu selama 9 tahun (di negara bagian tertentu 10 tahun) dan setelah itu memasuki sekolah kejuruan paruh waktu dan sekolah penuh-waktu yang lain. Untuk semua jenis sekolah publik tidak dipungut biaya. Sarana pelajaran, terutama buku ajar, sebagian diberikan kepada peserta secara cuma-cuma. Pelajaran agama, kecuali di sekolah netral. Menurut undang-undang merupakan pelajaran kokurikuler. Dikebanyakan negara bagian didirikan sekolah Kristen bersama.

Taman kanak-kanak adalah lembaga jerman yang diambil alih oleh banyak negara lain. Penyelenggara taman kanak-kanak paling banyak adalah gereja-gereja, organisasi sosial dan komune, kadang-kadang juga perusahaan dan perkumpulan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s